Thursday, June 14, 2007

…caRi “bErkaH” di aLun-aLun kiDuL JogJa…

Alun-Alun Kidul ada di belakang kompleks bangunan Kraton Yogyakarta . Disimbolkan dengan gajah yang memiliki watak tenang, kata orang-orang jogja,,alun-alun kidul ini adalah penyeimbang alun-alun utara. Karna itu,,alun-alunkidul ini disimbolkan dengan gajah yang punya watak tenang, kebalikan dari alun-alun utara yang memiliki watak ribut. Makanya, orang-orang sini bilang alun-alun kidul dianggap tempat istirahat para Dewa. Kalaw kata temen nien yang ada di jogja ini,, alun-alun kidul ini adalah tempat ngleremke ati (menenangkan hati) bagi banyak orang.

Jam 5sore dah banyak pedagang yang mulai pasang tenda buat jualan. Pas hari dah mulai gelap, kita bisa mulai coba-coba makanan & minuman yang ada disana. Yang nien inget,,nien pernah makan yang namanya ronde disana. Ronde itu minuman rasa jahe yang isinya ada kacang, kolang kaling dan bulet2 dari tepung beras(mirip cilok bentuknya ;p). Harganya cukup murah, cuma Rp 2.500 ajah. Lumayan buat bikin anget sambil ngobrol2 bareng temen2.

Kalaw maw sambil ngemil-ngemil…disana juga ada yang jual jagung bakar, pisang bakar dan roti bakar. Pilihan rasanya macem-macem…

Bwat yang laper…macem-macem makanan juga ada. Dengan konsep warung lesehan, biasanya warung makan di kawasan alun-alun ini harganya gak mahal. Kita bisa kenyang dg cuma ngeluarin dwit Rp 5000 ajah.

Yang seru disini…ada orang-orang yang nyewain kain item buat sebuah ritual ataw atraksi gitu deh. Orang sana nyebutnya “masangin”.. kata yang nyewain kain,cara nglakuin ritual init u dengan cara jalan sambil matanya ditutup kain item sampai nglewatin tengah-tengahnya dua beringin yg ada di tengah alun-alun. Katanya, kalaw orang bisa nglewatin pohon itu dan ga serong atau nabrak maka dia akan mendapat berkah tak terhingga. But,, jangan coba-coba buat ngintip yah, kalaw sampe ngintip, kamu bakal masuk ke dunia lain. Tiba-tiba kamu bakal ada di alun-alun dalam keadaan sepi dan sulit bwat balik lagi ke alam nyata.Hiiiiiii….

Buat yg pengen coba,kamu cukup bisa sewa kain item dg harga Rp 3.000


1 comment:

dedaeng said...

kemarin dah nyoba nih..
Lucu juga yah...